Scroll
Kamis, 07 Februari 2019
1.Tokoh matematika yang biasa dijuluki “Bapak
Algoritma” adalah …. A. Blaise Pascal B. Al
Khawarizmi C. George Babbage D. Mark Zuckerberg E. Mark Twain
2. Pemrograman dalam teknologi informasi memiliki pelbagai bidang. Berikut yang
tidak termasuk bidang pemrograman adalah pemrograman A. sistem operasi B. desain grafis C. web D. basis data E.
game
3. Structured Query Language adalah bahasa pemrograman untuk A. web B. domain C.
basis data D. sistem operasi E. routing
4. Operator relasional (perbandingan) yang digunakan untuk mencari nilai tidak
sama dengan yaitu ... A. != B. <= C. >= D. < E. >
5. Berikut yang merupakan perintah keluaran adalah
…. A. input B. get C.
print D. switch E. case
6. Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk percabangan adalah ...
7. Perhatikan algoritma percabangan dengan pseudocode berikut: Judul :
Algoritma Membandingkan dua buah nilai Kamus : A, B: integer Algoritma : input (A,B) if (A>B) then output(“Bilangan terbesar A”) else if (A<B) then output(“Bilangan terbesar
B”) else Output(“Bilangan A dan B sama”) endif endif Jika A diisi dengan nilai 25 dan B diisi
dengan nilai 10 maka outputnya adalah ... A. Bilangan terbesar B B.
Bilangan terbesar A C. Bilangan A dan B sama D. Bilangan terkecil A E. Bilangan terkecil B
8. Tampilan program di atas menggunakan komponen ….
A. toolbar B. menubar C. combobox D.
textfield E. textarea
9. Perhatikan struktur percabangan berikut : if (x > 0) cout << "x is positive"; else
if (x < 0) cout << "x is negative";
else cout << "x is 0"; Jika variabel x diisi dengan nilai 15 maka
outpunya adalah ... A. x
is positive B. x is negative C. x is 0 D. Tidak ada output E. x is 15 10. Komponen program grafis di atas disebut
….
A. radio button B. button C. toggle button D.
list E. chek box
11. Perhatikan algoritma perulangan berikut : Judul : Algoritma Deret Bilangan KAMUS: jml, a : integer ALGORITMA: jml ß 0 For (a ß 1; a <= 5; a ß a + 1) jml ß jml + a EndFor output(jml) Apakah output yang akan tampil ... A. 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 B. 1,2,3,4,5,6,7 C.
1,2,3,4,5 D. 1,2,3 E. 1,2 12. Setiap objek dalam Object Oriented Programming
memiliki dua komponen yaitu …. A.
input dan output B. text dan grafis C. desain dan koding D. page dan insert E. properties dan method
13. Hubungan class dan objek pada Object Oriented Programmig adalah …. A. class identik dengan objek B.
class adalah turunan objek C. objek adalah turunan class D. objek adalah cetak biru dari class E. class adalah cetak biru dari objek
14. Untuk membentuk sebuah objek (instansiasi) umumnya digunakan keyword
…. A. view B. review C. special D. new E.
section
15. Jawaban manakah yang tepat untuk algoritma seperti berikut :
15. Jawaban manakah yang tepat untuk algoritma seperti berikut : Susun algoritma untuk menampilkan angka 1
sampai dengan100 secara menaik A. for (i=0;i<=100;i++) Output (“nilai”,i) B. while (i=1;i<100;i++) Output (“nilai”,i) C. for
(i=1;i<=100;i++) D. for (i=1;i<99;i++) Output (“nilai”,i) E. do i=1; while i<100; i--; Output (“nilai”,i)
16. Aplikasi-aplikasi berikut yang bukan editor IDE bahasa pemrograman Java
adalah …. A.
Delphi B. BlueJ C. Netbeans D. Eclipse E. JBuilder
17. Manakah penulisan deklarasi array berikut ini yang benar ... A. [50]skor int; B. [50]int skor; C. ikor int[50]; D. int 50[skor]; E. int
skor[50];
18. Sebelum digunakan baris-baris program diperiksa dan dilengkapi agar dapat
dimengerti komputer. Proses pemeriksaan dan pelengkapan ini disebut …. A.
compile B. refactor C. instantiation D. new object E. messaging
19. Penjelasan dari
deklarasi fungsi berikut : double maks (double x, double y) yang paling tepat
adalah ... A.
fungsi maks( ) mempunyai sebuah argumen bertipe double. B. fungsi mak( ) mempunyai dua buah argumen,
dengan masing-masing argumen bertipe Long. C. fungsi maks( ) mempunyai dua buah argumen,
dengan masing-masing argumen bertipe Double. D. fungsi maks( ) mempunyai tiga buah argumen,
dengan masing-masing argumen bertipe int. E. semua jawaban benar
20. Pada penulisan program, tak jarang programmer menuliskan comment. Comment
pada pemrograman dapat didefiniskan sebagai …. A. tulisan pada baris-baris program yang tidak
dieksekusi oleh aplikasi B. tulisan pada baris-baris program yang
dieksekusi oleh aplikasi C.
tulisan yang ditandai dengan sintaks sifat program seperti public, private D. tulisan yang paling awal dieksekusi oleh
apikasi E. tulisan instruksi untuk melaksanakan
fungsi